Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri


Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Rabu, 16 Desember 2009

Tips Merawat Laptop Agar Sehat Selalu

Setelah lama menunggu untuk mempunyai laptop, akhirnya berhasil membelinya tentu menjadi hal yang sangat mengesankan. Zaman yang sudah maju seperti ini tentu akan sangat senang karena sudah bisa membeli itu. Laptop, benar ! Kini barang elektronik yang satu ini "hampir" merupakan kebutuhan. Kenapa? Karena, mulai dari SD sudah dibekali pengetahuan tentang teknologi. Kini, perkembangan teknologi tentu sangat disambut baik semua orang. Terutama kita yang akhirnya memiliki laptop, tentu sangat senang telah memilikinya. Banyak sekali yang bisa kita buat dengan elektronik yang satu ini. Nah, namanya juga salah satu dari barang elektronik. Kalau tidak dirawat dengan baik pasti "umurnya" enggak panjang. Untuk itu, semoga tips kali ini membantu kalian mempermudah persoalan ini.

Berikut panduan untuk merawatnya :

  1. Pasanglah pelindung untuk laptop kalian. Mulai pelindung monitor, sampai keyboardnya. Ini agar, mengurangi cacat fisik yang mungkin akan terjadi atau terkena tumpahan zat cair. Selain itu, pelindung ini bisa mencegah laptop kita kotor dan nantinya mudah dibersihkan.

  2. Gunakan Baterai dengan Benar. Ini dimaksud agar baterai laptop kita memiliki umur yang panjang. Isilah baterai laptop sesuai dengan petunjuk di buku manual yang ada. Dan perlu diingat jangan biasakan mengisi baterai dalam keadaan laptop yang masih menyala.

  3. Lepaskan Baterai Jika Perlu. Nah, yang satu ini mungkin tidak biasa. Jika teman-teman memakai laptop dalam jangka waktu yang lumayan lama, sebaiknya lepaskan saja baterainya dan sambungkan kabel cas laptop ke catuan listrik secara langsung. Yang satu ini sangat membantu memperpanjang usia baterai laptopnya.

  4. Jangan Letakkan Laptop Sembarangan. Ini juga sangat penting. Kenapa? Usahakan saat menggunakan laptop kita menaruhnya diatas permukaan yang lunak (contohnya kasur). Ini dapat mengakibatkan sirkulasi udara panas yang dihasilkan laptop tidak keluar dengan baik. Dan dalam jangka panjang dapat merusakkan komponen didalamnya. (Misalnya, hard disk jebol)

  5. Jangan Kasar. Yang satu ini sederhana tapi sangat penting. Perlu sekali diperhatikan. Contohnya, saat ingin membuka layar laptop bukanya hati-hati. Bayangkan laptop itu seorang "wanita", jaga dengan baik (hehehe..)

  6. Gunakan Cooling Pad. Usahakan menggunakan yang satu ini. Karena, "si pendingin" ini membantu sirkulasi laptop untuk mengurangi udara panas.

  7. Hindari Tempat Panas. Seperti yang saya bilang tadi di poin 5, Jangan Kasar. Yang satu ini juga penting, jangan menggunakan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung ataupun di tempat yang panas. Hal ini, dapat merusak komponen yang ada di laptop Anda.

  8. Bersihkan Secara Berkala. Nah, yang satu ini kita tidak boleh malas. Sebagai wujud sayang kita kepada laptop, memang seharusnya kita bersihkan "dia". Karena telah membantu kita menyelesaikan beberapa tugas penting, bersihkan laptop secara berkala. Gunakan kain lembut dan bila perlu gunakan juga pembersih noda untuk laptop yang bisa teman-teman beli di pasaran.

  9. Simpan dengan Rapi. Setelah kita gunakan dan sudah dibersihkan secara berkala, perlu diikuti dengan menyimpan secara rapi dan ditempat yang aman dari benturan. Dan yang penting lagi, jika kita akan menyimpan laptop dalam jangka waktu yang sangat lama, ada baiknya mencopot baterai laptopnya. Ini dimaksud agar laptop kita "awet baru".

  10. Usahakan Tidak Kena Virus atau Sejenisnya. Yang satu ini tentu berusaha untuk dihindari. Emang kemungkinan besar, setiap orang pasti hampir pernah "menyicipi" yang namanya virus. Jadi, pilihlah AntiVirus yang kalian percaya.



Mungkin beberapa hal itu yang harus kita perhatikan. Terima kasih untuk teman-teman, karena laptop kalian memberikan ilham untuk menulis tips yang satu ini. Dan juga om google, karena membantu saya untuk mencari tips kali ini.

Ayo dirawat ya laptopnya supaya SEHAT ! ^_^


Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails