Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri

Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Sabtu, 06 November 2010

Cara Download Torrent Dengan Cepat

Download melalui torrent memang gampang-gampang-susah, dan seringkali membuat beberapa orang bingung bagaimana cara download dengan cepat melalui torrent. Sekarang ini, ada alternatif lain buat para penggunan layanan torrent yang malas untuk melakukan proses seeder seperti saya ini :)


Lalu bagaimana cara download torrent cepatnya? Kali ini saya akan membahas cara download torrent dengan cepat menggunakan layanan Imageshack Torrent Drive.

Inti dari prosesnya adalah Imageshack yang mendownloadkan file torrent kita, lalu menyimpannya ke harddisk mereka, setelah itu kita tinggal mendownload file yang sudah didownload tadi tanpa memusingkan masalah seed atau leech.

Jika para pembaca belum tahu apa itu seed dan leech, mudahnya begini:
Proses seed adalah proses upload via torrent sedangkan leech adalah proses download via torrent. Dan untuk mendapatkan kecepatan yang cukup tinggi lewat torrent, kita tidak boleh egois (dalam artian hanya mendownload), tapi juga melakukan proses upload.

Sekarang sudah cukup teorinya, hehe.. langsung aja kita tantjaaap :) :
Pertama-tama, tentu saja kita harus menjadi member dari imageshack. Silahkan melakukan proses sign up, lalu aktifkan membership anda melalui email yang nanti diberikan setelah proses pendaftaran dilakukan. Tenang saja, semua proses pendaftaran GRATIS! Hehe..

Sesudah itu, masuk ke Layanan ImageShack Drive

Inilah navigasi umum yang akan ada di halaman ImageShack Drive:



  • Disk Space adalah kapasitas harddisk yang tersedia. Untuk versi gratis, ImageShack Drive disediakan sebanyak 5GB dengan bandwidth 10GB.
  • Seed ratio adalah tempat kita melakukan pengaturan rasio seed. Silahkan mengatur sesuai keperluan tempat kita mendownload torrent. Kali ini saya tidak akan membahas disini, karena sudah banyak yang membahasnya. Jika anda bingung, bagian ini dibiarkan saja, karena dengan settingan default kita biasanya sudah mendapat kecepatan yang lumayan.
  • Alamat torrent adalah link download torrent. Jika kita memilih Torrent via file, berarti kita mencari lokasi file .torrent di harddisk kita. Sedangkan jika kita memilih Torrent via url, berarti tinggal copy link download torrent dari tempat download kesukaan kita.
  • Status Download adalah status download kita. Disitu ada keterangan perkiraan waktu selesai, besar file yang sudah didownload, dan persentase file yang berhasil didownload.

Nah untuk cara mendownload kali ini akan saya contohkan untuk mendownload file torrent via url. Pertama-tama, tentu saja siapkan file yang mau kita download lewat torrent. Misalnya lewat mininova (atau apapun sumber torrent anda).

Sesudah itu pada bagian download link, kita tinggal klik kanan lalu Copy Link Location (pada firefox), dan masukkan url tadi ke kolom “Torrent via url”. Pilih edit selection, untuk mengatur file-file apa saja yang akan kita download, atau tidak download.


Sesudah itu, kita akan dibawa ke bagian edit selection. Untuk contoh kali ini, file torrent hanya ada satu. Pada kasus lain, biasanya ada beberapa file. Pilih saja mana yang akan didownload atau tidak didownload. Sesudah itu, pilih Save & Begin Download, lalu klik Continue.


Nah, karena ini adalah service gratis, maka koneksinya pun dibagi-bagi dan bersifat terbatas. Hal ini menyebabkan kemungkinan besar kita akan mendapatkan pesan seperti ini:


Tenang.. bukan orang Indonesia namanya kalo nggak kreatip, hehe. Caranya kita tinggal pake Opera, lalu klik kanan di tempat kosong, terus kita pilih reload every 5 second.


Gampangnya sih, trik ini adalah bagaimana kita mencari kesempatan setiap 5 detik. Sehingga pas ada koneksi kosong, kita langsung nyosor masuk. Ibarat kita ngantri di dukun ponari, kita cari kesempatan masuk tiap 5 detik sekali, hehe. Cara ini menurut saya yang cukup efektif.

Sesudah itu, silahkan lupakan proses download tadi. Anda bisa saja logout, atau bisa melakukan kontrol dengan membiarkan window ImageShack Drive tetap terbuka.


Setelah file terdownload 100%, silahkan download file tadi dengan mengklik box download berwarna coklat.

Dan… yes! Sekarang kita bisa dapat direct link download file torrent yang kita inginkan. Sebagai perbandingan, dengan setting seed ratio default. File 700MB bisa didownload oleh ImageShack dalam waktu 6,5 Jam pada kecepatan 30Kbps. File ini kemudian bisa didownload dengan kecepatan 8oKbps (tergantung dengan kecepatan koneksi anda) dalam waktu 2,5 jam.

Sehingga total waktu saya mendownload file 700MB tadi adalah 9 jam. Bandingkan dengan proses download via BitTorrent dengan setting default yang hanya dapat rata-rata 3Kbps. Kalau dihitung-hitung berarti 700MB=700.000KB. Sehingga proses download dengan 3Kbps lamanya adalah (700.000KB/3Kbps)/3600s–>1 jam adalah 3600 seconds(detik).

Hasilnya 64,814 jam!

Jauh lebih cepat dengan ImageShack Drive kan? Terutama jika anda sama dengan saya, malas melakukan settingan dan pengaturan yang macem-macem terhadap torrent. ImageShack Drive masih merupakan alternatif yang jauh lebih cepat.

Tertarik untuk mencoba Cara Download Torrent Dengan Cepat ini? :)

Sumber: donnykapahang.com (Gambar dan artikel)

Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails