Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri


Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Kamis, 14 Oktober 2010

Blue Screen?

Teman-teman sekalian pasti pernah mengalami masalah yang satu ini pada sistem operasi Windows. Mungkin saat install driver, antivirus, atau apa yang tidak kompatibel dengan PC atau notebook kita. Maleskan kalo kena masalah yang satu ini. Bisa-bisa sampai install ulang PC atau notebook kita. Padahal, ada data penting yang berjubel di dalamnya. Nah, ini saya menemukan macam-macam dari Blue Screen yang saya rangkum beserta dengan penanganannya. :D

Stop 0x0000000A atau IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Menunjukkan proses kernel-mode atau driver mencoba mengakses lokasi memori tanpa izin. Stop error biasanya disebabkan oleh kerusakan, atau perangkat keras / lunak yang tidak kompatibel.

Nama driver perangkat yang ditawarkan biasanya muncul pada pesan atau berhenti dan dapat memberikan petunjuk penting untuk memecahkan masalah. Jika pesan kesalahan mengajak kita untuk menggunakan perangkat atau kategori perangkat tertentu, cobalah untuk menghapus atau mengganti perangkat dalam kategori tersebut.

Jika pesan berhenti muncul di Startup, maka penyebabnya adalah kemungkinan besar bahwa tidak ada perangkat yang kompatibel, layanan sistem, scanner virus, atau program backup lainnya.

STOP 0x0000001E atau KMODE_EXCEPTOIN_NOT_HANDLED

Dalam kasus ini, kernel Windows XP mendeteksi adanya instruksi prosesor ilegal atau tidak dikenal dikarenakan gagal mengakses driver atau perangkat hardware. Pesan ini pun sering menawarkan perangkat atau driver yang diperlukan.

Jika eror muncul tiba-tiba setelah menginstal sebuah driver atau layanan, coba nonaktifkan atau dibuang saja driver atau layanan tersebut.

STOP 0x00000024 atau NTFS_FILE_SYSTEM

Pesan ini disebabkan adanya permasalahan driver file sistem NTFS. Pesan stop sejenis, 0x23, berasal dari driver-driver FAT32. Penyebab yang paling mungkin adanya kegagalan dalam disk atau disk controller.

Solusi yang dimungkinkan adalah memeriksa koneksi ke semua hardisk dalam sistem, dan jalankan Check Disk (chkdsk.exe). Caranya tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan "chkdsk.exe" (tanpa tanda petik).

STOP 0x0000002E atau DATA_BUS_ERROR

Gagal atau rendahnya memory (termasuk memori yang digunakan adapter-adapter video). Eror ini mungkin pula disebabkan yang terkorupsi atau kerusakkan motherboard.

STOP 0x0000003F atau NO_MORE_SYSTEM_PTES

Pesan eror seperti ini jarang terjadi, muncul saat sistem kelebihan PTEs (Page Table Entries). Ini disebabkan, program backup atau perangkat yang lepas kendali.

STOP 0x00000050 atau PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Driver harddisk atau layanan sistem meminta data yang tidak ada dalam memory atau software yang tidak kompatibel, khususnya untuk remote control dan program antivirus. Jika eror muncul setelah menginstal driver perangkat atau sebuah aplikasi, coba masuk ke Safe Mode untuk menghapus driver atau uninstall program tersebut.

STOP 0x00000077 atau KERNEL_STACK_INPAGE_ERROR

Sistem membaca data kernel dari virtual memory (pagefile) dan gagal menemukan data pada memory address tersebut. Tetapi, eror STOP ini dapat juga disebabkan beragam permasalahan, termasuk kekurangan memory, malfungsi hardisk, pemasangan disk controller atau kabel yang tidak benar, data terkorupsi, atau bisa juga sedang terinfeksi virus.

STOP 0x00000079 atau MISMATCHED_HAL

Pesan ini muncul karena ditemukannya ketidakcocokkan antara Windows XP Hardware Abstraction Layer (HAL) dan file-file sistem Windows XP. Biasanya terjadi pada mesin-mesin ACPI, dimana setting ACPI BIOS mengalami perubahan secara tiba-tiba.

Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan ulang fitur-fitur ACPI, install kembali Windows XP setelah kita melakukan perubahan pada BIOS.

STOP 0x0000007A atau KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR

Penyebab eror STOP seperti ini sama dengan eror-eror 0x77: sebuah halaman dari data kernel yang tidak ditemukan dalam virtual memory (pagefile).

Penyebabnya mungkin disk atau driver-driver controller yang tidak kompatibel. Dapat pula berasal dari permasalahan hardware, seperti perangkat SCSI yang diputus secara tidak benar, terjadinya bad blocks pada harddisk, atau terjadi konflik dengan BIOS atau firmware pada disk controller. Coba jalankan Check Disk (chkdsk.exe)


Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails