Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri

Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Rabu, 09 Desember 2009

Tips Membeli PC atau Laptop

Zaman yang semakin maju tentu menuntut kita untuk tidak ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi. Kini sudah banyak terdapat Komputer Rumahan (PC) dan laptop yang semakin digemari sebagai penunjang tren di masa ini. Tapi, mungkin ada kendala dikalangan yang tidak begitu mengerti PC atau laptop yang bagaimana yang harus dicari sesuai kebutuhan. Banyak juga teman-teman saya yang menanyakan hal seperti ini, PC atau jenis laptop apa yang paling bagus? Saya tidak langsung menjawab laptop jenis apa yang paling bagus. Melainkan, “Nanti PC atau Laptop itu mau dipakai apa?”. Nah, untuk hal seperti itu, mungkin tips kali ini bisa membantu kalian semua.

Saat kita membeli PC atau laptop, sebaiknya periksa dulu kocek yang kita miliki, apakah cukup atau tidak.(hehehe..) Tips awal ini mungkin sebaiknya sangat diperhatikan. Selain itu, di pasaran sudah banyak yang menjual PC atau laptop bekas yang masih bagus kualitasnya dan memiliki garansi. Tetapi, sebaiknya kalian semua membeli PC atau laptop bekas tersebut ditempat yang terpercaya. Kenapa begitu? Karena, banyak sekali kini di pasaran komponen PC atau laptop yang ASPAL (Asli tapi Palsu..). Jadi ajaklah seseorang yang mengerti tentang hardware saat membeli dan garansi hardware tersebut agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Saya tekankan lagi, kita harus jeli dan cermat dalam memilih hardware PC sesuai kebutuhan. Percuma saja memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi tetapi hanya digunakan untuk mengetik. (“Betul tidak..?”,kayak AA Gym bilang. heehe). Yang seperti ini tentu pemborosan. Tapi, ada juga kebalikannya, kita memerlukan spesifikasi tinggi saat bermain game, eh malah membeli PC atau laptop yang spesifikasinya kurang bagus.

Baiklah, kini kita masuk untuk tips membeli PC atau laptop supaya sesuai kebutuhan agar kita tidak merogoh kocek terlalu dalam.

  • Komputer untuk Office dan Internet

  • Jika komputer hanya digunakan untuk menjalankan program Office dan Internet, sebaiknya tidak menggunakan spesifikasi tinggi. Karena, ini akan menjadi lebih besar pasak daripada tiang, kita mengeluarkan kocek yang banyak tapi hanya untuk mengetik dan internetan saja. Nah, untuk hal ini tipsnya :

    Prosessor : Intel Pentium II atau III
    Memori : DDRAM 128MB
    VGA & Soundcard : onboard

  • Komputer untuk Multimedia

  • Untuk menjalankan aplikasi multimedia dan hiburan, sebaiknya dengan menggunakan spesifikasi PC atau laptop yang menengah, tetapi dengan soundcard dan speaker yang bagus (format suara 5.1 ke atas). Jangan lupa lengkapi dengan monitor ukuran 17” dan perangkat hiburan, seperti TV turner, FM turner, dan TV capture. Untuk hal ini berikut tipsnya :

    Prosessor : cukup Intel Pentium IV keluaran awal
    Memori : DDRAM 256MB
    VGA Card : Ge-Force MX 460 dengan kapasitas 64MB DDR

  • Komputer untuk Desain Grafis

  • Untuk yang satu ini tentu kita membetuhkan spesifikasi yang diatas rata-rata. Karena membutuhkan kinerja komputer yang tinggi, terutama untuk tampilan detail grafis yang tinggi. Lebih baik lagi jiga menggunakan monitor ukuran 17”. Spesifikasinya sebagai berikut :

    Prosessor : Intel Pentium IV atau AMD Barton
    Memori : DDRAM 512MB
    VGA Card : Ge-Force 3 Titanium dengan kapasitas 256MB DDR atau sekelasnya atau lebih.

  • Komputer untuk Game

  • Komputer untuk game memerlukan spesifikasi tinggi. Selain membutuhkan performance dan tampilan detail grafik yang baik, juga memerlukan VGA card yang mampu mendukung 3D. Supaya lebih sempurna, dukungan monitor 17” sangat klop banget. Soundcard yang tinggi juga akan memberikan kenikmatan tersendiri saat bermain game.

    Prosessor : Intel Pentium IV 2,53B atau diatasnya.
    Memori : 512MB atau di atasnya
    VGA Card : AGP 8x kelas Ge-Force FX-5900 atau ATI RADEON 9700 pro atau yang terbaru dengan kapasitas 256MB DDR atau lebih tinggi lagi.

    Selain itu, para gamer tentu saat main game akan lama sekali, ita juga perlu menambahkan kipas pendingin dalam CPU, ini dimaksudkan prosessor yang berat bekerja agar panasnya berkurang. Dan, usahakan memilih kipas pendingin yang dilengkapi soket power.

  • Komputer untuk Hobiis dan Overclocker (Kelas Hardcore)

  • Untuk yang satu ini, tidak bisa ditentukan spesifikasi seperti apa yang diperlukan. Karena seperti yang kita ketahui, Teknologi Informasi terus berkembang, dan juga para Hobiis dan Overclocker selalu ingin mencoba tekbologi terbaru. Apalagi untuk seseorang yang satu ini memiliki dana yang mempuni. Wah, hasratnya tidak akan terbendung. Biasanya spesifikasi yang cocok untuk mereka adalah :

    Prosessor : AMD Athlon 64 Bit
    Memori : DDRAM 1Gb keatas
    VGA Card : AGP 8x kelas Ge-Force FX-5900 atau ATI RADEON 9700 pro atau yang terbaru dengan kapasitas 256MB DDR keatas.

  • Komputer untuk Server

  • Komponen-komponen komputer yang digunakan sebagai server harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki life time yang relatif lama. Yang harus diingat bahwa komputer server digunakan terus-menerus, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan nonstop. Komputer server ini juga harus memiliki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi. Agar komputer server bekerja secara optimal, prosessor yang digunakan harus memiliki cache memory tinggi. Berikut spesifikasi yang semoga bisa membantu :

    Prosessor : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP yang memiliki cache memory hingga 2MB
    Memori : DD/RD-RAM di atas 3GB
    Motherboard : sebaiknya memiliki soket dual prosessor
    Harddisk : yang memiliki interface SCSI dengan kapasitas di atas 200GB
    VGA & Soundcard : tidak perlu tinggi, menggunakan yang onboard pun tidak masalah


Nah, mungkin cukup sekian tips nya. Mungkin ada beberapa komponen yang sudah tidak ada di pasaran. Untuk itu kalian bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan kocek kalian. Semoga tips ini bisa membantu kalian semua saat ingin membeli PC atau Laptop yang sesuai dengan kocek kalian. Dan tidak lupa, saya ucapkan terimakasih kepada Pak Ahmad Yani, yang sudah membagi tips ini dalam bukunya.



Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails