Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri

Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Sabtu, 05 Desember 2009

Mengapa Alexa dan PageRank?

Dikalangan para blogger dan orang yang berkutik di dunia web builder kedua hal ini tentu sudah tidak asing lagi. Semula saya tidak mengerti kenapa sich banyak blog yang mengejar Alexa Traffic Rank? Selain juga Google Page Rank? Sebenarnya apa keuntungannya?..

Apakah itu Alexa Traffic Rank?

Traffic rank diupdate tiap 3 bulan sekali dengan melihat perkembangan data trafik, bobot dari page view dan user (reach). Jadi saya bisa bilang tidak benar bila ada yang bilang traffic rank diupdate tiap seminggu sekali atau kurang dari itu.

Untuk Traffic rank pada web, dihitung pada level domainnya. Misalnya : www.msn.com, carpoint.msn.com dan slate.msn.com, karena mempunyai satu domain msn.com. ternyata beda dengan blog atau homepage pribadi, diukur lewat alamat URL nya.

Reach adalah hitungan jumlah user. Reach dalam Alexa traffic rank berwujud persentase. Sebagai contoh, yahoo.com mempunyai reach 28%, artinya seluruh pengguna internet yang diukur dalam Alexa, 28% nya mengunjungi yahoo.com. Perubahan pada tiga bulan ditentukan dengan pembandingan hasil nilai yang didapat pada tiga bulan sebelumnya.

Page Views adalah ukuran jumlah pengunjung site. Page view beberapa kali ke satu halaman pada satu hari oleh user yang sama dihitung satu saja. Jadi angka yang digunakan adalah jumlah rata-rata kunjungan user per user per hari.
Dari sini terlihat Alexa traffic rank bisa dikatakan tidak mungkin turun, jadi akan terus naik atau tetap. Cuma masalah waktu. Karena perhitungannya penambahan terus terhadap page user dan view. Beda dengan Page Rank yang bisa naik bisa turun.

Nah, ada 20 cara untuk meningkatkan Alexa Rank. Silahkan baca sendiri, dan memahaminya. Lihat disini.



Apakah itu PageRank?

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.
PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain.

Contoh:
Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Cara menghitungnya :
Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
===================
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

===================
Dari algortima diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web.

Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat.

Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut.

Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”.
Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1.

Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.


sumber : id.wikipedia.org


Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails