Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri

Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Minggu, 03 Januari 2010

Menginstall Windows XP di Hardisk SATA

Posting kali ini, berawal dari pengalaman pribadi saya sendiri. Ada seorang teman yang ingin diinstallkan Windows XP, yang semulanya Windows VISTA. Saya sanggupi, dan ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Saat ingin masuk ke SETUP Windows XP, SETUP-nya tidak terbaca oleh komputer. Saya mulai tanya sana-sini, dan ternyata setelah saya periksa, Hardisk yang digunakan teman saya SATA. Akhirnya saya mulai berpetualang lagi di Google.

Setelah beberapa jam "obok-obok" om google, akhirnya saya menemukan artikel Instalasi Windows di SATA. Dan, saya mengenal software nLite, yang membantu melakukan re-bundling Windows XP. Dengan N-lite kita bisa menambahkan option tertentu pada proses installasi, baik patching, drivers, hotfix dll.

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus disiapkan :

  1. Tentunya siapkan Installer Windows XP yang teman2 miliki.

  2. Siapkan juga Driver SATA bawaan hardisk. (Usahakan sesuaikan kebutuhan, jika gunakan Laptop siapkan Driver SATA-nya, begitu juga jika gunakan PC)

  3. CD blank, alias CD kosong untuk mem-burning hasil re-bunling Windows XP.



Nah, jika semua telah siap, berikut ini langkah-langkahnya :

  • Jalankan aplikasi N-lite, yang bisa teman-teman download di website resminya nLiteOS.com, kemudian installkan pada komputer atau laptop.


  • Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan menentukan dimana patch installer Windows XP yang kita miliki, misalnya di E:\win_xp_sp2. Kemudian klik lambang refresh disamping Browse lalu Next.


  • Kemudian nLite akan memindai installan kita, hingga keluar hasil seperti berikut. Kemudian klik Next. (Akan muncul seperti dibawah ini jika installan Windows XP kita tidak bermasalah)


  • Selanjutnya kita akan ditanya tentang task apa saja yang ingin dilakukan oleh nLite. Nah, kita cukup memilih drivers dan bootable ISO. Untuk pemilihan yang lain, itu terserah kita tergantung kebutuhan saja. Kemudian klik Next.


  • Proses selanjutnya adalah menentukan dimana lokasi driver SATA yang sudah kita siapkan sebelumnya(sesuaikan dengan driver SATA pada laptop / PC yang akan kita install).


  • Untuk memasukkan driver, kita cukup meng-klik button Insert. Kemudian kita akan ditanya apakah anda akan memasukkan hanya 1 file driver saja atau banyak driver. Kita bisa single driver atau multiple drivers, anda akan diminta untuk menentukan lokasi driver yang bersangkutan. Tentukan lokasi driver SATA'nya, kemudian klik OK. Setelah proses penentuan lokasi driver tadi, kita akan dihadapkan pada banyak pilihan driver SATA. Silahkan sesuaikan dengan jenis SATA anda. Jika anda tidak yakin yang mana, kita bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik Next.


  • N-lite akan memproses semua perubahan task yang kita inginkan. Setelah proses selesai, N-lite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP kita setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.


  • Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA anda siap untuk disimpan menjadi ISO file atau anda juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD. Ingat, pilihan ini hanya akan muncul jika kita memilih bootable ISO pada proses pemilihan task diawal sebelumnya.

  • Kemudian tunggu proses burning, dan sekarang kita dapat melakukan installasi Windows XP pada drive SATA anda menggunakan installer yang baru kita burning.


  • SELAMAT MENCOBA !



Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails