Renungan...

Cintai Dunia & Lingkungan Ini Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri

Open BlogRoll !

Bagi teman-teman blogger, ayo jalin persatuan antar blogger !
Tukaran Link-Blogger , silakan e-mail saya
di info@sharingcomnies.co.cc.

Nama :
Judul Blog :
URL :

Klik gambar di atas untuk mengirimkan email Anda.

Selengkapnya Klik disini..
*Email Anda Akan Segera Saya Konfirmasi.
~.:: Terima Kasih ::.~

Bali Blogger Community

Bali Blogger Community

Pencarian

Sabtu, 02 Agustus 2008

Aksi Sosial SMAPAN

Serangkaian ulang tahun sekolah kita yang tercinta ini, SMAPAN mengadakan aksi sosial donor darah berkat kerja sama PMI Daerah. Aksi donor darah ini diikuti semua siswa kelas XII yang sudah berumur 17 tahun loh...
Kenapa yah??? Mau Tau...???


Dalam Rangka menyambut HUT SMAN8 Denpasar, tepatnya Jum’at 1 Agustus 2008Donor_Darah_SMAPAN diadakan Kegiatan Donor darah. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa- siswi yang sudah memenuhi kreteria pendonor darah,yaitu umur 17 - 60 tahun, Tekanan darah baik ,yaitu, denyut nadi teratur 50-100 kali/menit. Di bawah umur 17 tahun tidak diperkenankan karena ditakutkan akan mengganggu masa pertumbuhan (Ooo...gitu.....^_^) Dari sudut medis tindakan menyumbang darah merupakan kebiasaan baik bagi kesehatan pendonor. Salah satunya, dengan berdonor darah secara teratur berarti Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur pula. Karena memang sebelum mendonorkan darah orang harus lebih dulu diperiksa kesehatannya secara lengkap dan harus memenuhi kriteria pendonor darah, dan biasanya darah yang diambil hanya 350 cc, ucap Bapak budiyasa selaku Dokter.

Penelitian menunjukkan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Walau masih perlu penelitian lagi untuk memastikannya, kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. Jika donor darah dilakukan 2-3 kali setahun, atau setiap 4 bulan sekali, diharapkan kekentalan darah berkurang sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Sistem produksi sel-sel darah juga akan terus terpicu untuk memproduksi sel-sel darah baru yang akan membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Sirkulasi darah yang baik akan meningkatkan metabolisme dan merevitalisasi tubuh. Selain itu cukup banyak siswa- siswi yang berpartisipasi dalam acara ini. Menurut Putra, anak kls XII IPS 1, ia menyumbangkan darahnya tampa ada paksaan dari siapapun,selain mencari pengalaman, kita juga bisa sedikit beramal pada orang- orang yang membutuhkan transfusi darah.

Di kesempatan ini Kepsek, Drs. Ida Bagus Ngurah,M.Si, mengatakan dari kegiatan HUT ini sendiri agar diselipkan salah satunya kegiatan donor darah adalah wujud nyata dalam bentuk pengorbanan "yadnya" yang tulus ikhlas, bagi yang memerlukannya. Termotivasi siswa, guru dan pegawai ikut ambil bagian dalam aksi sosial dalam wujud nyata dan bakti dari beryadnya. Berkaitan dengan aksi sosial ini diharapkan kerukunan keluarga besar SMAPAN bisa terjalin satu sama lainnya.


Share/Save/Bookmark


Related Posts with Thumbnails